Lionardo, Andries (2009) E-GOVERNMENT DEVELOPMENT: ? Tinjauan Fundametalis Teknologi dan Inovasi Birokrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik? Prosiding SENTIA 2009. pp. 1-6. ISSN 9772085234007
Preview |
Text
cover_5.pdf Download (841kB) | Preview |
Preview |
Text
isi_2.pdf Download (848kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan sangatlah tergantung pada kinerja birokrasi. Birokrasi merupakan mesin pelayanan yang harus produkrif dalam melayani masyarakat sebagai kontituenya. Secara fungsional, birokrasi memiliki tiga fungsi utama yaitu fungsi pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan publik. Dalam memenuhi fungsinya tersebut, setidaknya birokrasi yang dibutuhkan saat ini adalah birokrasi yang rasional, responsif, cepat dan akuntabel terhadap tuntutan publik. Apalagi pada saat ini bangsa Indonesia telah memasuki peradaban pembangunan yang demokratik. Birokrasi haruslah transformatif dalam mengaktualisasikan peranannya tersebut. Dalam rangka meningkatkan peran dan sekaligus output dari kinerja birokrasi tersebut diperlukan sebuah inovasi teknologi melalui e-government. Dalam perspektif ini e-government harus dimaknai sebagai instrumen kebijakan pelayanan publik melalui informasi teknologi yang dapat mendistribusikan keinginan masyarakat dalam catchment area yang tak terbatas. Apabila pemerintah mampu mewujudkan gagasan ini, maka akan berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik yang diberikan pada saat ini dan mendatang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Government,Birokrasi,Kualitas Pelayanan publik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 63201-State Administration (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 03:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 03:13 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25674 |
Actions (login required)
View Item |