Peer Reviewer_Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang

Legiran, Legiran (2015) Peer Reviewer_Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Peer Faktor Risiko Stres pada Mahasiswa.pdf]
Preview
Text
Peer Faktor Risiko Stres pada Mahasiswa.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Stres adalah suatu respon tubuh seseorang yang timbul sebagai reaksi terhadap adanya tuntutan eksternal yang dianggap berbahaya atau mengancam dirinya. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa stres pada mahasiswa kedokteran sangat tinggi apabila dibandingkan dengan program studi lain di sektor non-medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan faktor risiko dengan kejadian stres pada mahasiswa semester I, III, dan V, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan studi crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan 2012, 2013, dan 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Semua mahasiswa sebanyak 240 orang diikutkan dalam penelitian. Data diambil melalui kuesioner Medical Student Stressor Questionnaire kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 122 orang mahasiswa (50,8%) mengalami stres dan 118 orang (49,2%) tidak mengalami stres. Tidak didapatkan perbedaan faktor risiko dengan kejadian stres pada mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11901-Doctor Profession (Profesi)
Depositing User: dr Legiran Legiran
Date Deposited: 22 May 2020 13:39
Last Modified: 22 May 2020 13:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item