SARI, ELISA MAYANG and Zulkardi, Zulkardi and Susanti, Ely (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202_ 06081381419059_0002046104_0029098002_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (38MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Subjek penelitian siswa kelas IX di salah satu SMP di Palembang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dengan lima soal PISA konten quantity dari level 2-5 dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1). Siswa kemampuan tinggi dapat membuat pernyataan matematis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi, dan menarik kesimpulan. Namun, untuk menyusun bukti atau memberikan alasan terhadap solusi terlihat siswa hanya 40% dapat melakukannya,2). Siswa kemampuan sedang dapat menyajikan pernyataan matematis, namun hanya 60% dari soal yang dapat diidentifikasi, hanya 60% yang dapat mengajukan dugaan dengan benar dan untuk menyusun bukti hanya 40% yang dicapai ataupun memberikan alas an terhadap solusi siswa hanya 20% yang dapat dicapainya. 3). Siswa kemampuan rendah memiliki kemampuan yang sama dengan siswa kemampuan sedang dalam menyajikan pernyataan matematis namun dalam mengajukan hanya mampu menjawab 40% dari soal, untuk menyusun bukti hanya 20% yang dapat dicapai ataupun memberikan alasan terhadap solusi tidak dapat dilakukan oleh siswa dan juga menarik kesimpulan masih hanya dapat dicapai 20% dari kemampuan menyimpulkan jawaban yang diperoleh dikarenakan siswa masih terdapat kesalahan dimana ia tidak dapat menghubungkan hasil yang didapat dengan pertanyaan dari soal sehingga membuat jawabannya kurang tepat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran matematis, soal pisa, konten quantity |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 03:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 16:53 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/344 |
Actions (login required)
View Item |