NUR, AHMAD ZARKASIH and Pasaribu, Abidin and Yusup, Muhammad (2020) KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI MAHASISWA FKIP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL KINEMATIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111381621022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (512kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (946kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621022_0002026002_0006057804_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyajikan kembali konsep fisika dalam bentuk yang bermacam-macam. Agar tujuan tersebut tercapai, permasalahan pada instrumen soal dibuat dengan representasi yang berbeda-beda dan jawaban yang diminta juga memiliki representasi yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana jawaban mahasiswa akan dianalisis dan diberikan skor sesuai skor yang telah ditetapkan. Setelah itu data yang didapatkan akan digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam mengubah suatu konsep fisika dari satu representasi ke representasi yang lain. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan multirepresentasi mahasiswa adalah kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya sebagian dari mereka tidak mampu membuat representasi yang jarang bahkan belum pernah mereka lihat sebelumnya baik pada proses pembelajaran di kelas maupun di dalam buku. Hal ini ditunjukan oleh kemampuan mahasiswa dalam menggambar diagram gerak perubahan posisi yang sangat rendah dan paling rendah diantara representasi yang lain. Hal ini wajar terjadi mengingat pada proses pembelajaran dan buku-buku paket fisika pada materi kinematika satu dimensi biasanya hanya menampilkan konsep fisika dalam bentuk verbal, matematis dan grafik jarang sekali menampilkan gambar terkhususnya diagram perubahan posisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multirepresentasi, Representasi, Kinematika Satu Dimensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 8290 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 04:24 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/35864 |
Actions (login required)
View Item |