Pembimbing: Inventarisasi dan Keanekaragaman Mamalia di Kawasan Hutan PT. Agro Nusa Bumi Lestari Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

KRISMANTO, KRISMANTO and Setiawan, Arum and Yustian, Indra (2021) Pembimbing: Inventarisasi dan Keanekaragaman Mamalia di Kawasan Hutan PT. Agro Nusa Bumi Lestari Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of 46. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Krismanto.pdf]
Preview
Text
46. Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Krismanto.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Konversi lahan yang dijadikan perkebunan kelapa sawit di PT. Agronusa Bumi Lestari telah merubah kondisi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Perubahan tersebut berpengaruh terhadap habitat dan kelangsungan hidup fauna terutama mamalia. Hilangnya habitat dan pakan bagi mamalia menjadi ancaman terhadap keanekaragaman mamalia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman dan status konservasi mamalia di kawasan bernilai konservasi tinggi areal sempadan sungai PT Agronusa Bumi Lestari, diharapkan penelitian dapat memberikan informasi data ilmiah mengenai keanekaragaman jenis mamalia serta status konservasi dan mendukung upaya konservasi bagi pengelola kawasan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung, jejak aktifitas, perangkap hidup, jaring kabut, dan wawancara. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan metode pengambilan sampel Reconnaissance Walk atau Transek Recce. Identifikasi mamalia berdasarkan Buku Panduan Lapangan Mamalia di Kalimantan, Sabah, Sarawak, dan Brunei Darussalam (Payne et al., 2000). Status konservasi berdasarkan PerMen LHK No. P.92 Tahun 2018, IUCN (LC, VU, EN atau NE), dan CITES (Apendix I, II, dan III). Perhitungan data menggunakan Indeks Keanekaragaman Shannon (Ludwiq and Reynolds, 1998).

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing Utama Skripsi Mahasiswa S-1 Biologi Krismanto
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:12
Last Modified: 15 Feb 2021 10:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42605

Actions (login required)

View Item View Item