PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN (Corresponding Author)

Anwar, Yenny PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN (Corresponding Author). UNY, UNY. (Unpublished)

[thumbnail of CA-Cakrawala Pendidikan.pdf]
Preview
Text
CA-Cakrawala Pendidikan.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge diteliti selama satu tahun setelah semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra menjadi growing PedagogicalContent Knowledge. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pedagogical Content Knowledge calon guru ini bersifat kontinum dan bertahap sesuai proses pada tiap tahapan. Kata Kunci: pendidikan guru biologi, pedagogical content knowledge, pendidikan guru konkuren, calon guru biologi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Yenny Anwar
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:05
Last Modified: 15 Apr 2021 05:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45473

Actions (login required)

View Item View Item