Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Konsep Kingdom Animalia pada Peserta Didik SMA Srijaya Negara Palembang (Peer Review)

Rahmi, Susanti and Rizki, Putri Puspitahati and Effendi, Nawawi (2021) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Konsep Kingdom Animalia pada Peserta Didik SMA Srijaya Negara Palembang (Peer Review). Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 5a. Peer Review Prosiding Nasional_Adeng Slamet.pdf]
Preview
Text
5a. Peer Review Prosiding Nasional_Adeng Slamet.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5b. Peer Review Prosiding Nasional_Riyanto.pdf]
Preview
Text
5b. Peer Review Prosiding Nasional_Riyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep peserta didik SMA pada materi dunia hewan (Animalia). Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X MIA 3 SMA Srijaya Negara Palembang tahun ajaran 2016/2017 (n=33). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Analisis data menggunakan program Statistical Program for Social Science 22 (SPSS 22). Data hasil penelitian dianalisis dengan Kolmogorov-Smirnov Test dan dilanjutkan dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep secara signifikan, dengan nilai signifikansi p = 0,000 pada α = 0,025. Peningkatan penguasaan konsep termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai n-gain = 0,76. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik SMA kelas X pada topik dunia hewan.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 05 May 2021 05:33
Last Modified: 05 May 2021 05:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45750

Actions (login required)

View Item View Item