ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMAN 1 TALANG KELAPA

FAJRIAH, NURKHOLISA and Ismet, Ismet and Muslim, Muhammad (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMAN 1 TALANG KELAPA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722022_0006076803_0001037604_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal materi termodinamika dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pengambilan data menggunakan teknis tes berupa soal uraian berjumlah 8 buah soal yang terdiri dari 3 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu 3 soal pada indikator analisis, 3 soal pada indikator evaluasi, dan 2 soal pada indikator inferensi. Hasil analisis data didapatkan 78% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis sangat rendah, 17% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah, dan 5% peserta didik berada pada kategori kemampuan berpikir kritis sedang. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis, persentase paling tinggi yakni 49% terdapat pada indikator analisis dan berada pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah, sedangkan indikator lainnya berada pada kategori sangat rendah, yakni indikator evaluasi 26%, indikator inferensi 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hal tersebut saran yang diberikan peneliti untuk pendidik adalah agar lebih sering memberikan peserta didik soal-soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Termodinamika
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 11885 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:03
Last Modified: 28 Apr 2021 07:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/46000

Actions (login required)

View Item View Item