PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DONGENG SUMATERA SELATAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD PEMBINA NIBUN

Hartati, Anita and Sumarni, Sri and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DONGENG SUMATERA SELATAN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD PEMBINA NIBUN. Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 5 (1). pp. 1-14. ISSN 2657-0785

[thumbnail of ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DONGENG.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DONGENG.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media big book berbasis dongeng Sumatera Selatan pada anak kelompok B di PAUD Pembina Nibung. Pengembangan ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap selt evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan observasi. Hasil analisis data menunjukan pada tahap evaluasi expert review diperoleh persentase rata�rata hasil penilaian dari para ahli pada big book 1 , big book 2 dan big book 3 sebesar 3, 96 (kategori sangat valid). Tahap one to one evaluation didapatkan rata-rata hasil observasi anak dari big book 1, big book 2 dan big book 3 sebesar 94,7 ( kategori Baik Sekali). Tahap small group evaluation didapatkan hasil rata-rata observasi pada big book 1, big book 2 dan big book 3 sebesar 97,3 (kategori Baik sekali). Pada tahap field test didapatkan nilai observasi dengan big book 1, big book 2 dan big book 3 sebesar 96 (kategori baik sekali). Dari semua tahap yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media big book berbasis dongeng Sumatera Selatan dinyatakan valid, praktis, dan efektif mengembangkan efek potensial bagi anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2021 07:09
Last Modified: 02 Jul 2021 07:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48982

Actions (login required)

View Item View Item