IDENTIFIKASI CARA PERUSAHAAN E-COMMERCE TERKEMUKA MENERAPKAN PANDUAN UX UNTUK SISTEM E-COMMERCE

SYAFRIZAL, FAUZA ADELMA and Heroza, Rahma Izwan (2021) IDENTIFIKASI CARA PERUSAHAAN E-COMMERCE TERKEMUKA MENERAPKAN PANDUAN UX UNTUK SISTEM E-COMMERCE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (833kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281722065_0030068703_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031281722065_0030068703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

UX (User Experience) dapat diartikan sebagai pengalaman user saat menggunakan sebuah aplikasi. Infrastruktur aplikasi memengaruhi pengalaman user saat menjelajahi aplikasi. Sebesar 51,6% kegiatan bisnis perusahaan gagal akibat tidak menyesuaikan kebutuhan user dan perkembangan teknologi. Peningkatan nilai ekonomi digital pada bidang e-commerce meningkat pada tahun 2020 sebesar 54% dan diperkirakan akan meningkatkan lebih dari 21% pada tahun 2025. Hasil pelaksanaan pre-research, belum adanya cara penerapan panduan UX yang menjelaskan secara spesifik kebutuhan user untuk UX sistem e-commerce. Oleh karena itu dibutuhkan cara penerapan UX untuk sistem e-commerce berdasarkan aplikasi e-commerce oleh perusahaan terkemuka yaitu Shopee. Berdasarkan ISO 9241-11, terdapat 3 parameter yang membangun usability, yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Teknik yang digunakan untuk menguji effectiveness dan efficiency adalah performance maesurement, dan satisfaction diuji menggunakan teknik Restropective Think Aloud (RTA). Hal yang ditekankan berdasarkan parameter effectiveness adalah tentang bagaimana user dapat menjalankan aplikasi tanpa error. Parameter effectiveness menekankan tentang bagaimana user dapat menjalankan aplikasi dengan meminimalkan sumber daya. Sedangkan parameter satisfaction dibangun berdasarkan 5 indikator yaitu keseluruhan aplikasi, tampilan layar, terminologi, pembelajaran, dan kemampuan sistem. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pembuatan UX sistem e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UX, Panduan UX, E-commerce
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T14 Philosophy. Theory. Classification. Methodology Cf. CB478 Technology and civilization > T14.5 Social aspects Class here works that discuss the impact of technology on modern society
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Fauza Adelma Syafrizal
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:31
Last Modified: 28 Jul 2021 06:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50696

Actions (login required)

View Item View Item