ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA DENGAN CRI BERBANTUAN CBT SISWA SMA NEGERI 21 PALEMBANG

SEKARANI, TRESNANE SUANDTI and Wiyono, Ketang and Muslim, Muhammad (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA DENGAN CRI BERBANTUAN CBT SISWA SMA NEGERI 21 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_0022057904_0001037604_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281722021_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281722021_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep termodinamika siswa SMA Negeri 21 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada 35 siswa kelas XI IPA 4. Pengambilan data dalam bentuk tes menggunakan instrumen Thermodynamic Concept Survey (TCS) berupa 35 butir soal pilihan ganda beralasan terbuka yang dilengkapi dengan CRI berbantuan CBT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Diperoleh hasil rata-rata pemahaman konsep siswa SMA Negeri 21 Palembang pada kategori paham konsep sebesar 36,28% siswa, paham konsep tapi kurang yakin sebesar 3,75%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 37,7% dan siswa tidak tahu konsep sebesar 22,27%. Persentase kategori paham konsep tertinggi berada pada pokok bahasan suhu dan perpindahan panas, kategori miskonsepsi tertinggi berada pada pokok bahasan hukum gas ideal, kategori paham konsep tapi kurang yakin dan tidak tahu konsep tertinggi berada pada pokok bahasan hukum 1 termodinamika. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pemahaman konsep termodinamika siswa SMA Negeri 21 palembang. Kata kunci: Pemahaman konsep, termodinamika, Certainty of Response Index (CRI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Termodinamika, CRI, CBT
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Tresnane Suandti Sekarani
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:30
Last Modified: 03 Aug 2021 06:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51201

Actions (login required)

View Item View Item