PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA INDRALAYA SELATAN (Peer Review)

Rosidah, Ria and Syafdaningsih, Syafdaningsih and Sumarni, Sri (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA INDRALAYA SELATAN (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Riview 1_PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK.pdf]
Preview
Text
Peer Riview 1_PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of Peer Riview 2_PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK.pdf]
Preview
Text
Peer Riview 2_PENGEMBANGAN BUKU CERITA MATEMATIKA UNTUK ANAK.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan buku cerita matematika. Pengembangan buku cerita matematika ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Dari hasil expert review diperoleh nilai rata-rata hasil penilaian dari para ahli pada Buku 1 sebesar 3,90 (kategori sangat valid), Buku 2 sebesar 3,90 (kategori sangat valid), Buku 3 sebesar 3,90 (kategori sangat valid), Buku 4 sebear 3,90 (kategori sangat valid). Tahap one to one evaluation didapatkan rata-rata hasil observasi anak dengan Buku 1 sebesar 85% (kategori baik sekali), Buku 2 sebesar 86% (kategori baik sekali), Buku 3 sebesar 87% (kategori baik sekali), dan Buku 4 sebesar 86% (kategori baik sekali). Tahap small group evaluaion didapatkan hasil rata-rata observasi pada Buku 1 sebesar 88% (kategori baik sekali), Buku 2 sebesar 90% (kategori baik sekali), Buku 3 sebesar 91% (kategori baik sekali), dan Buku 4 sebesar 92% (kategori baik sekali). Pada tahap field test didapatkan nilai observasi pada Buku 1 sebesar 95% (kategori baik sekali), Buku 2 sebesar 95% (kategori baik sekali), Buku 3 sebesar 91% (kategori baik sekali), Buku 4 sebesar 95% (kategori baik sekali). Dari semua tahap yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa buku cerita matematika dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial bagi anak.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:54
Last Modified: 17 Sep 2021 04:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53129

Actions (login required)

View Item View Item