ALHAKIM, PARIS and Taqwa, Ridhah and Yanti, Mery (2013) ANALISA LEMBAGA BIMBINGAN. BELAJAR DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN FORMAL (STUDI PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR MEDICA KOTA PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_69201_07081002012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (73MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33MB) | Preview |
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_69201_07081002012_0031126609_0004057701_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisa Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Menunjang Pendidikan Formal (Studi pada pelajar SMA di lembaga bimbingan belajar Medica Kota Palembang)”. Penelitian ini mengkaji mengenai lembaga bimbingan belajar dalam menunjang pendidikan formal pelajar SMA dengan melihat tahapan lembaga yang berupa habitualisasi, tipifikasi dan legitimasi serta orientasi pemenuhan kebutuhan dari actor-aktor yang terlibat dalam proses lembaga bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggambarkan data deskriptif dari fenomena yang dikaji dengan unit analisis adalah organisasi atau lembaga bimbingan belajar Medica yang terdiri dari kepala biro yayasan Medica, Pengajar dan Siswa. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, terdiri dari 5 orang informan siswa dan 3 orang informan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga bimbingan bimbingan belajar ini merupakan salah satu kebiasaan yang biasa diikuti oleh para siswa dalam memenuhi kebutuhan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang disosialisasikan dalam masyarakat dan akhirnya memunculkan normanorma tertulis dan tidak tertulis yang berupa munculnya jadwal mata pelajaran, pengajar serta anggaran biaya yang harus dipatuhi oleh actor yang terlibat dalam lembaga bimbingan belajar. Orientasi pemenuhan kebutuhan dalam bimbingan belajar Medica ini ialah sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari Lembaga bimbingan belajar Medica Palembang serta meningkatkan nama baik bimbingan belajar. Sedangkan bagi pengajar merupakan tanggung jawab moral akan anak didik yang mengikuti bimbingan belajar serta unsur ekonomi juga. Dan orientasi bagi siswa mengikuti bimbingan belajar ini yaitu motivasi dari dalam diri atau kesadarannya dalam menghadapi ujian nasional dan ujian masuk yang dirasa cukup menakutkan serta bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Kata kunci:Lembaga, Bimbingan belajar Medica. Pendidikan Formal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembaga, Bimbingan belajar Medica. Pendidikan Formal |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1090-1091 Political education |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 03:06 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 03:06 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55285 |
Actions (login required)
View Item |