TISNALAILI, TISNALAILI and Indrawati, Sri and Ansori, Ansori (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KEPALA BERNOMOR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 INDERALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56071002032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002032_0012075914_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif kepala bernomor pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 35 orang. Prosedur penelitian dimulai dari tahap: perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Batas keberhasilan penelitian tindakan diukur secara klasikal 85%, siswa mendapat nilai > 65. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif kepala bernomor pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan telah dilakukan selama tiga siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 57,14%, siklus II naik 70,40%, dan siklus III naik lagi menjadi 83,54%. Telah terjadi peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar 13,26%, dari siklus II ke siklus III sebesar 13,17%. Sampai pada akhir siklus III peningkatan aktivitas belajar siswa adalah 26,43%. Keberhasilan tindakan juga diukur dari kemampuan membaca pemahaman siswa yang dilihat dari hasil tes pada setiap siklus. Data hasil tes diketahui ketuntasan belajar secara klasikal pada tes awal 54,29%, pada siklus I naik menjadi 71,43%, pada siklus II naik lagi menjadi 80,00%, dan pada siklus III kenaikan ketuntasan belajar mencapai 88,57%. Rerata kemampuan siswa membaca pemahaman pada siklus I 64,86, siklus II 68,57, dan siklus III 73,57. Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kepala bernomor dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Selain itu, model pembelajaran kooperatif kepala bernomor dapat meningkatkan keaktifan siswa. Kata kunci: membaca pemahaman, model pembelajaran kooperatifkepala bernomor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca pemahaman, model pembelajaran kooperatifkepala bernomor |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 03:36 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 03:36 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58034 |
Actions (login required)
View Item |