TEKNIK PEMBAGANAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI CERPEN BAGI SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 5 LAHAT

KURNIA, NINA and Alwi, Zahra and Suwandi, Surip (2006) TEKNIK PEMBAGANAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI CERPEN BAGI SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 5 LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112058.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (887kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112058_0006125201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112058_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik pembaganan cerita lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran memahami cerita pendek pada siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik pembaganan cerita dalam pembelajaran membaca cerita pendek pada siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Lahat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran cerita pendek di SMP, khususnya SMP Negeri 5 Lahat serta dapat memberikan alternatif teknik bagi para siswa dalam mengapresiasi cerita pendek sehingga dapat membaca dan menganalisis cerita pendek lebih objektif dan sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 85 orang siswa dengan rincian 42 orang kelas 8.1 (Kelompok eksperimen) dengan menggunakan teknik pembaganan cerita dan 43 orang siswa kelas 8.2 (kelompok kontrol) dengan menggunakan teknik konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah teknik pembaganan cerita lebih efektif daripada teknik konvensional dalam pembelajaran memahami cerita pendek pada siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Lahat. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes memahami cerita pendek sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerita -pendek dengan menggunakan teknik pembaganan cerita lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran cerita pendek dengan menggunakan teknik konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelompok eksperimen dan skor rata-rata kelompok kontrol, yaitu dari perhitungan uji t menunjukkan thit > ttabci atau 3,19 > 1,67 (d.b 83) pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan teknik pembaganan cerita lebih efektif bila digunakan dalam pembelajaran membaca cerita pendek pada siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Lahat. Kata kunci : cerpen, pembaganan cerita, eksperimen semu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cerpen, pembaganan cerita, eksperimen semu
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:11
Last Modified: 07 Dec 2021 02:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58770

Actions (login required)

View Item View Item