UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KENTEN MELALUI METODE STORY TELLING

ZALEHA, ZALEHA and Suwandi, Surip and Alwi, Zahra (2006) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KENTEN MELALUI METODE STORY TELLING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06033112059.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_02.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_03.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_04.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_05.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (859kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112059_0006125201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06033112059_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul wt Upava Meningkatkan Kemampuan Berbicara Baui Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kenten Melalui Metode Stoiy Telling”. Masalah dalam penelitian ini adalah aoakah dengan diterapkannya Metode Storv Telling Kemampuan Berbicara Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kenten dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan beibicara siswa SD Negeri 2 Kenten dapat meningkat. Manfaat penelitian ini adalah, (1) memberikan kanstribusi yang berguna bagi peningkatan dan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran berbicara. (2) Memberikan masukan kepada guru sebagai bahan pertimbangan di dalam pembelajaran berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan siswa bersiklus dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan relleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Kenten yang berjumlah 38 orang dengan perincian 18 siswa laki-iaki dan 20 siswa perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dari hasil tes wawancara dan observasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus dengan nilai rata-rata tes awal 4,21, siklus satu 5,55, siklus dua 6,98 dan siklus tiga 7,33. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada ketuntasan belajar yaitu bila 85% atau lebih dari jumlah siswa mendapat nilai > 6,5 disamping itu terjadi peningkatan proses. Ternyata berdasarkan nilai siklus tiga ketuntasan belajar mencapai 89,47%. Jadi secara kwantitas sudah terjadi penngkatan nilai dan melebihi batas kreteria ketuntasan belajar. Dilihat dari segi proses terjadi peningkatan, karena berdasarkan pengamatan, siswa tampak antusias, aktif, berekspresi, bergembira dan penuh tanggung jawab. Jadi secara kwalitasjuga terjadi peningkatan. Dari hasil wawancara dapat diketahui siswa senang dengan pembelajaran berbicara/bercerita dengan objek atau cerita yang disediakan guru. Siswa dapat berbicara dengan kalimat siswa sendiri dan tidak merasa tertekan, sehingga merasa lebih luwes dan bertanggung jawab Kata-kata kunci: Pembelajaran, berbicara/ bercerita, metode, Story Telling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, berbicara/ bercerita, metode, Story Telling.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:01
Last Modified: 22 Dec 2021 05:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59221

Actions (login required)

View Item View Item