MUCHTAR, ANITA and Alwi, Zahra and Saripudin, Agus (2006) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 KENTEN KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN MEMAHAMI WACANA MELALUI MODEL JIGSAW. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06033112037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (795kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112037_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (34MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan memahami wacana perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami wacana ialah dengan menggunakan model Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memahami wacana bagi siswa kelas Vb SD Negeri 2 Kenten dengan menggunakan model Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Langkah-langkah penelitian meliputi (1) refleksi awal, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SD Negeri 2 Kenten yang berjumlah 39 orang dan terdiri atas 19 perempuan dan 20 laki-laki. Data dikumpulkan melalui tes, pengamatan, dan wawancara. Penelitian tindakan ini terdiri atas tiga siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa memahami wacana meningkat melalui penggunaan model Jigsaw-. Hal ini diketahui dari hasil tes, pengamatan, dan wawancara. Dari hasil tes awal (T0) diperoleh nilai rata-rata kelas 4,66 dan persentase ketuntasan klasikal 11,96 %. Pada hasil tes siklus I (Tl) nilai rata-rata kelas 6,02 dan persentase ketuntasan klasikal 51,28 %. Hasil tes siklus II (T2) menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas 6,85 dan persentase ketuntasan klasikal 74,36 %. Dari hasil tes siklus III (T3), diketahui bahwa nilai rata-rata kelas 8,01 dan persentase ketuntasan klasikal 94,87 %. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran membaca dengan menggunakan model Jigsaw, dan dapat lebih mudah memahami wacana dengan berdiskusi. Dengan demikian, model Jigsaw dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Dasar. Kata kunci: peningkatan, wacana, model Jigsaw
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, wacana, model Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 06:45 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 06:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59311 |
Actions (login required)
View Item |