Rici Andani S, 06101405025 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG. PPKN, UNSRI.
Preview |
Text
pembimbing pak emil & pak kurnisar (Rici Andani S).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. Penelitian ini menggunakan teknik analisa kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 45 Palembang tahun ajaran 2014 2015 dengan jumlah populasi 801 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan purposive sampling. Kelas VIII.5 menerapkan model pembelajaran Group Investigation sedangkan kelas VII1.4 menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan data penelitian ini dikumpulkan dengan tes tertulis. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas,uji normalitas, data dan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, didapat nilaitseung” 3,758 sedangkan ttabel= 1.994 karena thitung ˃ ttabel dengan demikian menerima Ha dan menolak Ho yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 45 Palembang. Kata Kunci: Model Group Investigation, terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:25 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60315 |
Actions (login required)
View Item |