Sandova, Cynthia IMPLEMENTASI REINFORCEMENT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG SKRIPSI. PPKn, Universitas Sriwijaya.
Preview |
Text
Cynthia Sandova.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi reinforcement dalam proses pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design, yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel penelitian kelas VII.6 dan kelas VII.S pyang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, observasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik parametris dengan uji hipotesis menggunakan uji independen sample t-test. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase motivasi belajar siswa di kelas VII.6 sebesar 72% dengan kategori baik sedangkan hasil rata-rata persentase motivasi belajar siswa di kelas VII8 sebesar 68% dengan kategori cukup baik. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai sign sebesar .000 dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka .000 < .05 mengingat signifikansi di bawah .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari implementasi reinforcement dalam proses pembelajaran PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 17 Palembang.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:28 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 01:38 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60321 |
Actions (login required)
View Item |