Pipin, Ariestaningsi (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dilema Moral Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran PPKn Di Sekolah Menengah Pertama. Master thesis, Unsri.
Preview |
Text
Pipin Ariestaningsih TP 2017.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran dilemma moral terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Serta mengetahui ada tidaknya hubungan positif antara kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di SMP. Metode yang digunakan dalam oenelitian ini adalah metode quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dilemma moral terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran dilema moral terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP dengan nilai signifikasi < 0.05. selanjutnya untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yang hasilnya ada hubungan positif antara kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar dengan nilai signifikasi pada hasil regresi < 0,05. Kata Kunci : Dilema Moral, Kemampuan Berfikir Kritis, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Master) |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:22 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60335 |
Actions (login required)
View Item |