Susilaningsih, Lina (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. PPKn, Universitas Sriwijaya.
Preview |
Text
Llina Susilaningsih 2017(penguji).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia berbasis Computer Assisted Instruction menggunakan lectora inspire, praktis dan mempunyai efek potensial pada hasil belajar siswa kelas sepuluh di sekolah menengah kejuruan teknik jaringan komputer Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Multimedia dinyatakan valid pada tahap expert review oleh ahli media, ahli materi dan ahli desain. Validasi media diperoleh nilai rata rata 4,63 dengan presentase 93% dalam kategori sangat valid, validasi materi diperoleh nilai rata-rata 4,35 dengan presentase 87% dalam kategori sangat valid dan validasi desain diperoleh nilai rata-rata 3.97 dengan presentase 79% dalam kategori valid. Multimedia dinyatakan praktis pada tahap one to one evaluation diperoleh nilai rata-rata 4,07 dengan presentase 81% dalam kategori sangat praktis dan tahap small group diperoleh nilai rata-rata 4,29 dengan presentase 86% dalam kategori sangat praktis. Dampak potensial multimedia dilihat dari tahap field test evaluation menunjukan adanya peningkatan dari hasil pretext 37,83 menjadi 86,96 pada hasil posttest dengan presentase 49%. Pengukuran efek potensial dilihat melalui nilai N-Gain sebesar 0,8 20,7 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penelitian pengembangan, maka media berbasis multimedia pembelajaran PPKn dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial tinggi terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:14 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60351 |
Actions (login required)
View Item |