PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG

Eka, Nuryanti (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of pembimbing pak mulyadi _ bu sri (Eka Nuryanti).pdf]
Preview
Text
pembimbing pak mulyadi _ bu sri (Eka Nuryanti).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran project based learning pada mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi 223siswa. Sampel penelitian ini 2 kelas yattu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan purposive sampling. Kelas VIII 4 (eksperimen) menerapkan pembelajaran project based learning dan kelas VIII $ (kontrol) menerapkan pembelajaran diskusi. Data penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran project based learning pada mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang dengan taraf signifikan sebesar54 atau a:0,05. Terbukti dari rata-rata hasil tes kelas eksperimen yaitu 86,25 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 79,14 dengan KKM 75. Secara statistik melalui analisa uji-t diperoleh nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (t hitung « 3,125 » t tabel « 2,000). Dengan demikian menolak ho dan menerima ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran project based learning pada pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang. Kata kunci: strategi pembelajaran project based learning, hasil belajar siswa

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:15
Last Modified: 18 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60378

Actions (login required)

View Item View Item