PENGARUH METODE GIST (GENEEAT1NG 2NTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEKI) 1ERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN SISWA KELAS XISMA NEGERI 4 PRABUMULIH

SAPUTRA, REDDO MANDALA and Alwi, Zahra and Nurbaya, Nurbaya (2014) PENGARUH METODE GIST (GENEEAT1NG 2NTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEKI) 1ERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RANGKUMAN SISWA KELAS XISMA NEGERI 4 PRABUMULIH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06101002018.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_02.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_03.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_04.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_05.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06101002018_0006125201_0015085406_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode GIST (Generating Interaction Between Schemata and Text) berpengaruh dalam pembelajaran kemampuan menulis rangkuman siswa kelas XI SMA Negeri 4 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-eksperimental-research) dengan desain Control group Pre-test Post-tes. Sampel penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan rincian 33 siswa kelas XI.IPA2 sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran menulis rangkuman menggunakan metode GIST dan 32 siswa kelas XI.IPA3 sebagai kelas kontrol. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelas kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis rangkuman. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 57,67 dan kelas kontrol 57,84. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 74,74 dan kelas kontrol 65,75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis rangkuman pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Prabumulih, pada kelas eksperimen 17,06 dan kelas kontrol 8,09. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thitung > ttabei atau 5,241 > 1,670 dengan df = 61 pada tingkat signifikansi 95% (a = 0,05). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh terhadap kemampuan menulis rangkuman antara siswa yang diajarkan menggunakan metode GIST dan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GIST 0Generating Interaction Between Schemata and Text) berpengaruh dalam pembelajaran menulis rangkuman. Kata-kata kunci: pengaruh, metode GIST, menulis rangkuman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode GIST, menulis rangkuman
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:30
Last Modified: 18 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60421

Actions (login required)

View Item View Item