KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PRABUMULIH

MARYANI, DINA and Hiltrimartin, Cecil and Kurniadi, Elika (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PRABUMULIH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_01_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_01_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_01_front_ref10.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_01_front_ref10.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181722043_0011036403_0020078803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Prabumulih setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.8 SMP Negeri 4 Prabumulih yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis terdiri dari 2 soal pemecahan masalah matematis yang selanjutnya dianalisis sesuai indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami permasalahan, menentukan rencana dengan tepat, melaksanakan rencana, dan memeriksa jawaban yang dikerjakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rincian bahwa 26,67% siswa berkategori baik, 26,67% siswa berkategori cukup, 33,33% siswa berkategori kurang, dan 13,33% siswa berkategori sangat kurang. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling banyak muncul adalah melaksanakan rencana sebesar 61,67%, sedangkan persentase kemunculan terendah adalah memeriksa kembali jawaban yang dikerjakan sebesar 6,67%. Secara keseluruhan nilai rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Prabumulih setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom adalah 42,91% yang berkategori cukup. Oleh sebab itu, perlu adanya proses pembelajaran yang membiasakan siswa didalam menghadapi permasalahan rutin dan non rutin, mempersiapkan waktu lebih banyak saat proses pembelajaran, dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan serta mengasyikkan sehingga akan tercipta suasana nyaman dan kondusif yang akan membuat peserta belajar dengan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, flipped classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dina Maryani
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:32
Last Modified: 10 Jan 2022 03:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60804

Actions (login required)

View Item View Item