NABILA, SITI and Putri, Ratu Ilma Indra (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO MELALUI PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381823055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (601kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (29kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823055_0011086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa perlu memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik saat mempelajari materi pola bilangan. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran agar memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 25 siswa (12 laki-laki dan 13 perempuan) dari total 39 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari dua soal tes, dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa setelah proses pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning pada materi pola bilangan siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang adalah baik, dengan nilai rata-ratanya 68,89. Indikator yang paling banyak muncul adalah “mengajukan dugaan”, sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah “menarik kesimpulan”. Penggunaan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning selama pembelajaran dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Learning, Penalaran Matematis, PMRI, Media Video |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Ms. Siti Nabila |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:52 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60813 |
Actions (login required)
View Item |