KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS SISWA KELAS 7 DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

NURULISYA, FAKHIRA and Zulkardi, Zulkardi (2021) KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS SISWA KELAS 7 DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281823033_0002046104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081281823033_0002046104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi matematis siswa kelas 7 pada pembelajaran menggunakan soal tipe PISA konten change and relationship. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas 7 SMP Negeri 1 OKU. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui observasi keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran, tes tertulis dengan 2 butir soal tipe PISA dengan indikator kemampuan argumentasi matematis, dan wawancara semi terstruktur. Kemampuan argumentasi matematis dianalisis melalui soal tes evaluasi yang diberikan setelah diterapkannya aktivitas pembelajaran dengan pendekatan PMRI menggunakan soal adaptasi PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 OKU, dalam menyelesaikan soal tipe PISA change and relationship telah memiliki kemampuan argumentasi matematis yang cukup baik. Siswa dapat menyampaikan argumentasi matematisnya dengan baik jika argumen tertulis dilakukan secara beriringan dengan argumen lisan. Indikator yang paling banyak muncul yaitu indikator klaim, disusul dengan indikator data, jaminan, dan pendukung. Dan indikator yang jarang muncul yaitu indikator batasan dan bantahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan argumentasi matematis, PISA, PMRI, Bentuk Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Users 10912 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:33
Last Modified: 12 Jan 2022 04:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60961

Actions (login required)

View Item View Item