PERLINDUNGAN HUKUM DRIVER ONLINE AKIBAT PEMBATALAN PEMESANAN MAKANAN OLEH KONSUMEN DI KOTA PALEMBANG

HIBATULLAH, IRFAN and turatmiyah, Sri and Ramadhan, Muhammad Syahri (2022) PERLINDUNGAN HUKUM DRIVER ONLINE AKIBAT PEMBATALAN PEMESANAN MAKANAN OLEH KONSUMEN DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_06_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823129_0001116501_0227039201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Transportasi online merupakan salah satu wujud implementasi pastisipasi masyarakat dalam era revolusi industri 4.0, dimana dalam hal ini masyarakat dimanjakan dengan aplikasi berbasis teknologi yang memberikan pelayanan melalui ponsel pintar. Melalui aplikasi ini konsumen dapat melakukan pemesanan secara online yang di dalam aplikasi tersebut sudah tercantum rincian pemesan. Dalam pembahasan penelitian ini, Penulis lebih memfokuskan pada layanan mengantar makanan (Go-Food/Grab Food)), yang mana para konsumen akan memesan makanan melalui aplikasi online, Pelayanan mengantar makanan (Go-food) ini terdapat masalah yang sering dialami oleh mitra driver online yaitu konsumen yang sudah memesan makanan tersebut membatalkan pemesanan. Perumusan masalah bagaimana karakteristik hubungan hukum antara Driver dengan Perusahaan transportasi online dan Perlindungan terhadap Driver online yang mengalami kerugian akibat pembatalan pemesanan makanan. Metode Penelitian empiris dimana data diperoleh langsung dari lapanganm dengan pendekatan perundangan-undangan kasus dan sosioligis kemudian data dianalisis secara kualitatif dan ditarik kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian ini bahwa karakteritik hubungan hukum antara perusahan penyedia aplikasi dengan Mitra (driver) adalah hubungan Kerjasama kemitraan. Perlindungan hukum bagi driver yang mengalami kerugian akibat pembatalan pemesanan makanan oleh konsumen dapat dilakukan secara preventif dan represif. Dalam hal konsumen wanprestasi dengan melalukuan pembatalan driver dapat meminta pengembalian pembayaran kepada perusahaan dengan menunjukan bukti-bukti pembatalan pemesanan yang dilakukan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Driver, Pembatalan Makanan,Kota Palembang
Subjects: K Law > K Law (General) > K1010-1014 The merchant. Business enterprises
K Law > K Law (General) > K4011-4343 Transportation and communication
K Law > K Law (General) > K4360-4375 Professions and occupations
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Irfan Hibatullah
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:06
Last Modified: 14 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61335

Actions (login required)

View Item View Item