SURYANINGTIAS, UMI and Indaryanti, Indaryanti (2021) KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081181823072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (893kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (331kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081181823072_000006046401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemodelan matematika merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Melalui pemodelan, permasalahan nyata dapat diselesaikan melalui proses matematika. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa terutama pada materi Program Linear. Penerapan model PBL dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kemampuan pemodelan matematika yang dikenal siswa selama ini hanya meliputi indikator mengidentifikasi masalah, mengerjakan secara matematika, dan menerapkan model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan pemodelan matematika siswa pada materi program linear setelah menerapkan model PBL. Penelitian diadakan di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang dengan subjek penelitian berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan indikator-indikator pemodelan matematika. Data diperoleh dari hasil tes berupa soal uraian dan hasil wawancara dengan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa pada materi program linear setelah diterapkan model PBL berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 46,24%. Sehingga, model PBL dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemodelan matematika siswa. Kata-kata kunci: Kemampuan pemodelan matematika, program linear, problem based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemodelan Matematika, Program Linear, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Umi Suryaningtias |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 08:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 08:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61341 |
Actions (login required)
View Item |