PERMATA, HANI KURNIATI and Meryansumayeka, Meryansumayeka (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381823040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (811kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823040_0025108604_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMKN 2 Palembang dalam memecahkan masalah matematika melalui pembelajaran berbasis HOTS pada materi trigonometri. Jenis pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI TKJ 4 di SMKN 2 Palembang. Prosedur pelaksanaan pada penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Tes terdiri atas tiga butir soal HOTS uraian materi aturan sinus dan cosinus untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan tiga indikator yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Lalu setelah didapatkan hasil analisis sementara, akan dipilih tiga siswa yang diwawancarai yaitu berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS setelah diterapkan pembelajaran berbasis HOTS pada materi aturan sinus dan cosinus dikatakan sedang dengan rata-rata 2,22 atau persentase 55,56%. Pada indikator kelancaran termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 2,74 atau persentase 68,52%. Sedangkan pada indikator kebaruan termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata 1,59 atau persentase 39,81%. Selanjutnya pada indikator keluwesan termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 2,33 atau persentase 58,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Berbasis HOTS, Trigonometri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 83203-Mechanical Technique Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Hani Kurniati Permata |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 07:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 07:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/63722 |
Actions (login required)
View Item |