VIANI, NING AYU OKTA and Taufik, Taufik and Muslim, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN EKSPERIMEN BERPIKIR PADA MATERI OPTIK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (482kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419067_0001037604_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (685kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan eksperimen berpikir siswa pada materi optik yang valid dan reliabel telah dilakukan dan diujicobakan di SMA N 5 Palembang. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA N 5 Palembang. Pada tahap define dilakukan 4 langkah diantaranya analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Kemudian pada tahap design dilakukan 2 langkah diantaranya adalah mengkontruksi tes beracuan kriteria dan desain awal. Pada tahap ketiga yakni development dilakukan penilaian ahli dan uji pengembangan. Selanjutnya yang terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebaran dilakukan 2 langkah diantaranya pengujian validitas dan pengemasan. Pada tahap penilaian ahli dari segi isi, konstruk dan bahasanya, yang menjadi validator ialah 2 orang dosen di Universitas Sriwijaya. Hasilnya adalah bahwa instrumen sudah layak digunakan. Uji pengembangan dilakukan untuk melihat reliabilitasnya. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,767 termasuk dalam kategori tinggi. Pada tahap selanjutnya dilakukan kembali uji reliabilitas dengan sampel yang samaa dari sebelumnya. Hasilnya adalah bahwa reliabilitasnya sebesar 0,739 juga termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, eksperimen berpikir, validitas, reliabilitas, model pengembangan 4D. |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:47 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 02:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6384 |
Actions (login required)
View Item |