Chotimah, Umi (2021) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn SEMESTER III DALAM PROSES PERKULIAHAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Peer Review). Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University Palembang, South Sumatera, Indonesia, 2014. (Unpublished)
Preview |
Text
Reviewer_Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PPKn Semester III dalam Proses Perkuliahan Belajar dan Pembelajaran Melalui Penerapan Pendekatan Sain.pdf Download (711kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi PPKn Semester IIIdalam proses perkuliahan Belajar dan Pembelajaran melalui penerapan pendekatan saintifik, yang pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dengan jumlah subjek (mahasiswa) adalah 39 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan tes, dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan berbagai macam metode pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa semester III pada matakuliah Belajar dan Pembelajaran di program studi PPKn FKIP Universitas Sriwijaya. Selain itu untuk respon mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran pendekatan saintifik pada matakuliah belajar dan pembelajaran ini adalah “baik†hal ini ditunjukkan dengan data hasil angket yang didapat sebesar 80 % yang dapat dikategorikan baik. Disarankan kepada para dosen dapat menerapkan pendekatan saintifik, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan juga hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 00:55 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 00:55 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64580 |
Actions (login required)
View Item |