Chotimah, Umi (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC KNOWLEDGE) SISWAPADA MATAPELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA (Peer Review). Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University Palembang, South Sumatera, Indonesia, 2014. (Unpublished)
Preview |
Text
Reviewer_Pengaruh Penerapan Metode Reciprocal Teaching.pdf Download (726kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Siswa Pada Matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja.†Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Raja berjumlah 593 orang. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik tes dilaksanakan dua tahap yaitu tes awal dan akhir. Pada kelas eksperimen tes awal siswa memiliki kemampuan cukup baik dengan persentase 64,26% dan tes akhir menunjukan peningkatan yaitu 81,63%. Pada kelas kontrol tes awal 69,89% dan tes akhir 77,91%. Teknik analisa data menggunakan SPSS versi 21 untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian diketahui pengetahuan kewarganegaraan siswa meningkat dengan kriteria baik yaitu uji-t menunjukan thitung >ttabel yaitu 4,389 >1,645. Selanjutnya respon siswa terhadap metode reciprocal teaching menunjukkan katagori baik dengan persentase 83,33%.Oleh karena itu penerapan metode reciprocal teaching dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan Pengetahuan Kewarganegaraan siswa).
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 00:46 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 00:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64586 |
Actions (login required)
View Item |