ROGAYAH, ROGAYAH and Zulkardi, Zulkardi (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOAL TIPE PISA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (750kB) |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_06.ref.pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84202 _ 06081381520054 _0002046104_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu kemampuan yang diharapkan pada abad ke-21 yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan cara menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada penelitian ini masalah yang digunakan adalah masalah yang bersumber dari soal-soal tipe PISA mengingat rendahnya prestasi PISA di Indonesia sehingga perlunya membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah dengan tipe soal PISA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.9 SMP N 6 Palembang dengan jumlah 3 siswa. Data dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan jawaban subjek di lembar jawaban soal tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan muncul adalah indikator menganalisis sedangkan indikator yang paling sedikit muncul adalah indikator mengevaluasi dan mengkreasi. Siswa yang belum mampu mengevaluasi dan mengkreasi adalah siswa yang belum mampu menganalisis, hal ini dikarenakan kekeliruan siswa dalam menguraikan informasi dan kurangnya pemahaman siswa terhadap metode untuk menyelesaikan SPLDV yang merupakan salah satu strategi penyelesaian yang digunakannya untuk menyelesaikan masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Soal Tipe Pisa, Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 03:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 03:54 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/650 |
Actions (login required)
View Item |