Mardhiyanti, Devi and Ilma, Ratu and Kesumawati, Nila (2014) Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 522-527. ISSN 978-608-602-70135-0-6
Text (Artikel ini telah terbit di JPM 2011)
334 - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan soal matematika model PISA untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (SD) yang valid dan praktis; (2) mengetahui efek potensial soal matematika model PISA terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) tipe formative evaluation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI.E SD Xaverius 1 Palembang sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walk through untuk mengetahui validitas soal secara konten, konstruk, dan bahasa; dokumen untuk mengetahui kepraktisan soal; tes dan wawancara untuk mengetahui efek potensial soal matematika model PISA terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal matematika model PISA untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SD yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator yang menyatakan bahwa soal sudah baik secara konten (sesuai dengan ciri PISA dan indikator kemampuan komunikasi matematis), konstruk (mengembangkan kemampuan komunikasi matematis, kaya dengan konsep, sesuai dengan level siswa kelas VI SD, mengundang pengembangan konsep lebih lanjut), dan bahasa (sesuai dengan EYD, soal tidak berbelit belit, soal tidak mengandung penafsiran ganda, batasan pertanyaan dan jawaban jelas). Selain itu kevalidan soal juga tergambar dari hasil analisis butir soal pada siswa non subjek penelitian. Praktis tergambar dari hasil uji coba pada small group dimana sebagian besar siswa dapat memahami soal dengan baik; (2) prototipe soal matematika model PISA yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD, hal ini terlihat dari skor rata-rata siswa yang mencapai 47,89 dari skor maksimal 82 (termasuk kategori kemampuan komunikasi matematis baik) pada indikator komunikasi matematis, yaitu menghubungkan benda nyata, gambar, atau diagram ke dalam ide matematika; menjelaskan ide, situasi, atau relasi matematika dengan benda nyata, gambar, atau diagram; kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, atau simbol matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap solusi. Berdasarkan wawancara dengan siswa bahwa soal matematika model PISA ini dapat menstimulasi mereka untuk mengkomunikasikan jawabannya secara tertulis dengan memberikan gambar, penjelasan, alasan, dan bukti. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan (development research), Soal PISA, Komunikasi Matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Dr Ratu Ilma |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 10:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6809 |
Actions (login required)
View Item |