PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SALSABILA, ANNISA and Meilinda, Meilinda (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181823014_0018057903_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091181823014_0018057903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang dikembangkan berisi bagan proposisi dan miskonsepsi, petunjuk penggunaan, KI dan KD, tujuan pembelajaran, materi pelajaran, rangkuman, soal latihan sesuai miskonsepsi, daftar istilah, daftar pustaka, indeks, dan identitas penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dengan topik siklus air di Sekolah Menengah Pertama pada kompetensi dasar 3.10 dan 4.10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Developmental Research) Richey & Klein (2005) tipe II yang terdiri dari tahap aksplorasi dan uji coba. Penelitian ini dilakukan sebanyak satu siklus. Hasil pengembangan bahan ajar diuji kevalidannya oleh 5 orang validator, kemudian diuji keterbacaannya oleh 16 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, nilai validasi pengembangan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid, aspek penyajian memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid dan pada aspek bahasa memperoleh nilai sebesar 4,26 yang berarti sangat valid. Rata-rata hasil validasi bahan ajar yaitu sebesar 4,35 yang terkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh adalah sebesar 91,17%, ketika dikonversi menggunakan kriteria Bormuth maka artinya produk pengembangan bahan ajar mudah dipahami. Sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, indigenous knowledge, miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Annisa Salsabila
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:05
Last Modified: 07 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/68569

Actions (login required)

View Item View Item