NIKE, NIKE and Hartati, Hartati and Sy. Muherman, Sy. Muherman (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI RINTANGAN DENGAN MELOMPATI KARDUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 33 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_85201_56071006089.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (45MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Preview |
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_56071006089_0010066002_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melaui rintangan dengan melompati kardus pada siswa kelas V SD Negeri 33 Palembang. Yang diletakan didepan bak lompat. Subjek penelitian ini siswa kelas V berjumlah 30 orang. Dari analisa data awal lompat jauh gaya jongkok diperoleh data bahwa siswa yang memenuhi kriterianya baik sekali 0 siswa atau 0% karena lompatan yang dicapai 3,01 meter-3,50 meter, baik 5 siswa atau 16.6%, dengan lompatan 2,50 meter-3,00 meter kriterianya sedang 8 siswa atau 26.7% dengan lompatan 2,00 meter-2,49 meter, kriterianya kurang 17 siswa atau 56.7% dengan lompatan dibawah 1,99 meter. Ketuntasan : 13 siswa atau 43.3%, tidak tuntas 17 siswa atau 56.7%. Hal ini dikemungkinkan karena siswa belum teTbiasa untuk melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok. Selanjutnya pada akhir siklus I peneliti melakukan tes terdapat baik sekali 0 siswa atau 0% karena lompatan yang dicapai 3,01 meter-3,50 meter, baik 6 siswa baik atau 20%, dengan lompatan 2,50 meter-3,00 meter, kriterianya sedang 20 siswa atau 66.7%, 4 siswa dengan lompatan 2,00 meter-2,49 meter, kurang atau 13.3% dengan lompatan dibawah 1,99 meter. Ketuntasan siswa melakukan lompat jauh gaya jongkok : 26 siswa tuntas atau 86.7%, 4 siswa tidak tuntas atau 13.3% dengan mengamati hasil yang telah diperoleh. Secara klasikal pada siklus pertama ini peningkatan gerakan lompat jauh gaya jongkok kreteria baik yaitu mencapai di atas 50% berarti peneliti tinggal memperbaiki tehnik gerakan lompat jauh gaya jongkok yang kurang kesalahannya terletak saat mempertahankan badan diudara. Hasil peningkatan gerakan lompat jauh gaya jongkok siswa pada siklus II ini cukup banyak yaitu pada kriterianya baik sekali 0 siswa atau 0% karena lompatan yang dicapai 3,01 meter-3,50 meter, kriterianya baik 26 dari atau 86.6%, dengan lompatan 2,50 meter-3,00 meter, kriterianyan sedang 2 siswa atau 6.7%, dengan lompatan 2,00 meter-2,49 meter kriterianyanya kurang 2 siswa 6.7% dengan lompatan dibawah 1,99 meter. Ketuntasan siswa melakukan lompat jauh gaya jongkok: 28 siswa tuntas atau 933%, 2 siswa tidak tuntas atau 6.7%, secara klasikal pada siklus II ini ada peningkatan tehnik gerakan lompat jauh gaya jongkok pada kreteria mencapai ketuntasan belajar di atas 85% yaitu 933%. Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa melaui rintangan dengan melompati kardus siswa dapat menyebabkan hasil belajar lompatjauh gayajongkok lebih baik dan meningkat Kata Kunci : Atletik, Alat bantu kardus, Tindakan Kelas (Action Research), Lompatjauh gayajongkok. Ateng, 1992. Pendidikanjasmani dan kesehatan. Jakarta. Depdikbud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atletik, Alat bantu kardus, Tindakan Kelas (Action Research), Lompatjauh gayajongkok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:12 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/68903 |
Actions (login required)
View Item |