UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS III SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS

Ermayanti, Ermayanti (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS III SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS. WACANA EDUKASI, Jurnal Bidang Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1 (1). pp. 28-33.

[thumbnail of Ermayanti_Jurnal_Wacana_Edukasi_2010.pdf]
Preview
Text
Ermayanti_Jurnal_Wacana_Edukasi_2010.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), di kelas III SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournaments. Adapun indikator keberhasilan adalah ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar siswa jika 85% siswa mendapatkan nilai di atas 65. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 65,91%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 97,73%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas III SMA Srijaya Negara palembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PTK, Action Research, Team Games Tournaments, Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Ermayanti Ermayanti
Date Deposited: 10 Sep 2019 10:48
Last Modified: 10 Sep 2019 10:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item