EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA

SARI, MAY and Siahaan, Sardianto Markos (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823055_0028066702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823055_0028066702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul elektronik berbasis multirepresentasi pada materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 15 Palembang terhadap hasil belajar siswa dan melihat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 15 Palembang dan sampel penelitiannya adalah kelas XI MIPA 1 dan 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda dan data hasil tes ini menggunakan analisis n-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa adalah 47,61 nilai rata-rata posttest siswa adalah 80,97. Hasil analisis N-Gain sebesar 0,629 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan pembelajaran fisika menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi efektif terhadap hasil belajar fisika. Selanjutnya untuk mengukur gaya belajar siswa menggunakan instrumen dengan bentuk multiple choice dan hasil angket tersebut menggunakan analisis korelasi dan didapatkan hasil siswa memiliki gaya belajar visual sebanyak 43 siswa, audiotorial 16 siswa dan kinestetik sebanyak 8 siswa dengan koefisien korelasi 0,412 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar fisika menggunakan modul elektronik berbasis multirepresentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Multirepresentasi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: May Sari
Date Deposited: 25 May 2022 02:59
Last Modified: 25 May 2022 02:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70460

Actions (login required)

View Item View Item