PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA LAYANAN TRANSPORTASI LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DI KOTA PALEMBANG

YULIANTI, FADILAH and Handayani, Sri and Samawati, Putu (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA LAYANAN TRANSPORTASI LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_06_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823240_0007027001_0008038001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa proses awal uji coba, LRT Palembang diketahui telah mengalami kendala teknis (mogok) atau kesalahan operasional sebanyak tiga kali. Mogoknya LRT pada saat digunakan konsumen pada kejadian tersebut tidak mendapat ganti kerugian, hal inilah yang melatarbelakangi permasalahan pada skripsi ini yaitu bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa layanan transportasi LRT Palembang dan bagaimana upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen apabila terdapat gangguan yang merugikan konsumen LRT Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa layanan transportasi LRT Palembang dan menganalisis upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen apabila terdapat gangguan yang merugikan pengguna jasa layanan LRT Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan sosiologi hukum dengan jenis dan sumber data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian ini, bahwa LRT Palembang sebagai pelaku usaha di bidang jasa terkait dengan pelayanannya dirasa masih kurang baik untuk beberapa penumpang, serta pertanggungjawaban yang telah dilakukan juga masih kurang baik dan membuat penumpang yang dirugikan merasa kurang puas atas bentuk tangggung jawab dari pihak LRT Palembang, sehingga hal ini jelas tidak sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) terkait kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi penumpang. Namun pihak LRT memberikan kebebasan untuk para konsumen, apabila penumpang merasa telah dirugikan, konsumen dapat menyampaikan keluhan dan saran hingga pengajuan gugatan. LRT Palembang sebagai pelaku usaha sangat mengutamakan jalur damai. Namun, apabila upaya damai tersebut tidak berhasil, maka konsumen dapat menggugat pelaku usaha melalui BPSK maupun peradilan umum. Kata Kunci : Konsumen, LRT Palembang, UU Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsumen,LRT Palembang
Subjects: K Law > K Law (General) > K1130-1132 Carriage of goods and passengers. Carriers
K Law > K Law (General) > K2100-2385 Courts. Procedure
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Ms. Fadilah Yulianti
Date Deposited: 03 Jun 2022 05:26
Last Modified: 03 Jun 2022 05:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71433

Actions (login required)

View Item View Item