ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 21 PALEMBANG TERHADAP KONSEP DINAMIKA NEWTON MENGGUNAKAN PETA KONSEP

NURBAITI, SITI and Yusup, Muhamad (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 21 PALEMBANG TERHADAP KONSEP DINAMIKA NEWTON MENGGUNAKAN PETA KONSEP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111281823062_0006057804_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa mengenai konsep dinamika Newton menggunakan peta konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan test pembuatan peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Palembang dengan subjek penelitian sebanyak 37 siswa. Hasil 37 peta konsep siswa dilakukan reduksi data karena terdapat kemiripan dan didapatkan 10 peta konsep yang dianalisis. Berdasarkan pemahaman konsep siswa mengenai dinamika Newton menghasilkan masih banyak siswa yang tidak memahami konsep gaya sentripetal, dan percepatan sentripetal. Siswa paling banyak paham konsep dinamika dan gaya gesekan. Mayoritas siswa keliru pada konsep gaya, karena siswa tidak menghubungkan konsep tersebut dengan konsep percepatan dan massa. Siswa juga sulit menentukan konsep-konsep yang paling umum dan inklusif, seperti konsep dinamika sebagai superordinat, diletakkan siswa sejajar konsep kecepatan. Tidak ada siswa yang membuat cross-link pada peta konsepnya dan pada kriteria contoh paling banyak dihasilkan contoh penerapan konsep gaya gesekan. Kata Kunci : Peta Konsep, CmapTools, Pemahaman Konsep, Dinamika Newton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, CmapTools, Pemahaman Konsep, Dinamika Newton
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Siti Nurbaiti
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:03
Last Modified: 03 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71564

Actions (login required)

View Item View Item