NURBAITI, SITI and Yusup, Muhamad (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 21 PALEMBANG TERHADAP KONSEP DINAMIKA NEWTON MENGGUNAKAN PETA KONSEP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111281823062.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (472kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (80kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281823062_0006057804_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa mengenai konsep dinamika Newton menggunakan peta konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan test pembuatan peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Palembang dengan subjek penelitian sebanyak 37 siswa. Hasil 37 peta konsep siswa dilakukan reduksi data karena terdapat kemiripan dan didapatkan 10 peta konsep yang dianalisis. Berdasarkan pemahaman konsep siswa mengenai dinamika Newton menghasilkan masih banyak siswa yang tidak memahami konsep gaya sentripetal, dan percepatan sentripetal. Siswa paling banyak paham konsep dinamika dan gaya gesekan. Mayoritas siswa keliru pada konsep gaya, karena siswa tidak menghubungkan konsep tersebut dengan konsep percepatan dan massa. Siswa juga sulit menentukan konsep-konsep yang paling umum dan inklusif, seperti konsep dinamika sebagai superordinat, diletakkan siswa sejajar konsep kecepatan. Tidak ada siswa yang membuat cross-link pada peta konsepnya dan pada kriteria contoh paling banyak dihasilkan contoh penerapan konsep gaya gesekan. Kata Kunci : Peta Konsep, CmapTools, Pemahaman Konsep, Dinamika Newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, CmapTools, Pemahaman Konsep, Dinamika Newton |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Siti Nurbaiti |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 04:03 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 04:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71564 |
Actions (login required)
View Item |