PEMBELAJARAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) MENGGUNAKAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SD KELAS V SD NEGERI 1 KOTADARO KECAMATAN RANTAU PANJANG KABUPATEN OGAN ILIR

IRAWAN, ANDI and Syafril, Djumadin and Usra, Meirizal (2009) PEMBELAJARAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) MENGGUNAKAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SD KELAS V SD NEGERI 1 KOTADARO KECAMATAN RANTAU PANJANG KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06043124007.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_02.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_03.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_04.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_05.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06043124007_9900004489_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran permainan bola voli dalam pendidikan jasmani dan kesehatan yang diberikan di sekolah cukup terbatas karena waktu yang ditetapkan juga terbatas. Dari materi pelajaran semua yang diberikan, tidak sepenuhnya siswa memahami dan menguasai materi yang diberikan apabila mereka tidak mempraktikkannya secara langsung. Masalah dalam penelitian ini adalah berapa kali pertemuan siswa dapat melakukan passing atas menggunakan bola voli sebenarnya apabila guru mengajarkan passing atas menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dengan bermain bola voli menggunakan peralatan yang dimodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan peralatan yang dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain bola voli menggunakan passing atas. Manfaat penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk memilih strategi pembelajaran yang lebih baik di SD Negeri 1 Kotadaro Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kotadaro yang beijumlah 41 orang dan data dikumpulkan dari hasil observasi di lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada siklus pertama persentase untuk kategoti baik pada penilaian kognitif siswa beijumlah 78,05%, untuk permainan bola voli menggunakan balon penilaian psikomotor beijumlah 70,73% dan penilaian afektif beijumlah 85,37%, sedangkan untuk permainan menggunakan bola sebenarnya penilaian psikomotor beijumlah 65,85% dan penilaian afektif berjumlah 70,73%. Kemudian pada siklus kedua persentase untuk kategoti baik pada penilaian kognitif siswa beijumlah 82,93%, untuk permainan bola voli menggunakan bola plastik penilaian psikomotor beijumlah 90,24% dan penilaian afektif beijumlah 97,56%, sedangkan untuk permainan menggunakan bola sebenarnya penilaian psikomotor beijumlah 80,49% dan penilaian afektif beijumlah 85,37%. Ternyata teijadi peningkatan kemampuan siswa bermain bola voli menggunakan passing atas, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Passing Atas, Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Peralatan yang Dimodifikasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557-1198.995 Sports
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:54
Last Modified: 08 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/76019

Actions (login required)

View Item View Item