ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN ASPEK KEPUASAN PELAYANAN EKOKARDIOGRAFI DI UNIT RAWAT JALAN INSTALASI BRAIN AND HEART CENTER RSUP MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG 2011

SARI, AULIA PERMATA and Indra, Syamsu and Fadilah, Mariatul (2012) ANALISIS MUTU PELAYANAN DAN ASPEK KEPUASAN PELAYANAN EKOKARDIOGRAFI DI UNIT RAWAT JALAN INSTALASI BRAIN AND HEART CENTER RSUP MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG 2011. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_11201_04081001027.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_02.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_03.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_04.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_05.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_06_ref.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_07_lamp.pdf] Text
RAMA_11201_04081001027_0028016405_0016115708_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan, maka akan semakin kritis dalam menerima produk jasa, termasuk jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan dituntut untuk selalu dapat menyediakan pelayanan berkualitas, cepat, dan menyenangkan. Indikator untuk mengukur kualitas pelayanan adalah dengan memenuhi harapan pelanggan dan memuaskan kebutuhan mereka. Pelayanan pada unit rawat jalan merupakan pelayanan terdepan dalam menampilkan citra rumah sakit Salah satu penunjang diagnostik yang tersedia pada unit rawat jalan, khususnya bagian jantung ialah ekokardiografi (echocardiography). Penelitian ini perlu dilakukan guna perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan ekokardiografi. Selain itu, penilaian ini diharapkan akan ikut berkontribusi dalam menekan angka mortalitas dan morbiditas akibat penyakitjantung. Tujuan penelitian untuk mengetahui mutu pelayanan dan aspek kepuasan pelayanan ekokardiografi di Instalasi Brain Heart Center berdasarkan pada lima dimensi kualitas yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dan teknik observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa mutu pelayanan ekokardiografi dalam aspek alat dan sarana penunjang di Instalasi Brain and Heart Center RSUP Dr. Mohammad Hussein Palembang termasuk dalam kategori rendah (56,8%) hal tersebut dikarenakan pada IBHC tidak memiliki standar operasional prosedur. Oleh karena itu, IBHC RSUP Dr. Mohammad Hussein disarankan untuk membuat standar operasional berdasarkan standar yang peneliti rangkum berdasarkan referensi United Kingdom, Kepmenkes, dan lainnya. Kata Kunci: mutu pelayanan, aspek kepuasaan, ekokardiografi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, aspek kepuasaan, ekokardiografi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 16 Dec 2022 05:22
Last Modified: 16 Dec 2022 05:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/83705

Actions (login required)

View Item View Item