ARI, DEWA and Jaenudin, Riswan and Koryati, Dewi (2019) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (295kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (85kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (37kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520057_0026085607_0022086402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang yang dilihat dari: (1) Pelaksanaan Penilaianan Autentik Aspek Sikap, (2) Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, dan 3) Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang kelas X dan XI yang berjumlah 3 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik Milles dan Hubberman dengan penyajian data berbentuk piramida terbalik dida-sarkan pada indikator tertinggi hingga terendah. Indikator tertinggi yaitu Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi pada Aspek Pengetahuan dilakukan melalui teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan dengan kategori pelaksanaan (100%) dengan Kriteria sangat baik. Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi pada Aspek Sikap dilakukan melalui teknik observasi dengan kategori pelaksanaan (90%) dengan Kriteria sangat baik. Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi pada Aspek Keterampilan dilakukan melalui unjuk kerja dan portofolio dengan kategori pelaksanaan (88%) dengan Kriteria sangat baik. Saran di dalam penelitian ini diajukan pada indikator aspek sikap dan aspek keterampilan. Pada indikator aspek sikap diharapkan ke depannya Guru dapat menggunakan penilaian diri, penilaian antar teman, maupun penilaian jurnal dalam melaksanakan penilaian aspek sikap, sedangkan pada aspek keterampilan diharapkan dapat menggunakan penilaian projek dan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autentik, Pembelajaran Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 249 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 15:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 15:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/864 |
Actions (login required)
View Item |