ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ATURAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN DALAM KOMBINATORIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT

MAHATRI, FRISKA and Araiku, Jeri (2022) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ATURAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN DALAM KOMBINATORIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924014_0014019103_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924014_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak mahasiswa calon guru yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah aturan penjumlahan dan perkalian dalam kombinatorika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah aturan penjumlahan dan perkalian dalam kombinatorika berdasarkan adversity quitient. Subjek penelitiannya mahasiswa calon guru semester 3 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Ada tahapan untuk penelitian ini diantaranya 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap akhir. Pengumpulan data berupa kuesioner dan tes tertulis. Hasil penelitian yaitu mahasiswa calon guru yang memiliki adversity quotient tipe Quitter terdapat 0 mahasiswa calon guru dengan persentase 0%, adversity quotient tipe Camper terdapat 58 mahasiswa calon guru dengan persentase 82,86%, adversity quotient tipe Climber terdapat 12 mahasiswa calon guru dengan persentase 17,14%. Serta mahasiswa calon guru kategori adversity quotient tipe Climber melakukan 4 kesalahan menurut prosedur Newman, yaitu Comprehension Error, Transformation Error, Process Skill Error dan Encoding Error. Mahasiswa calon guru kategori adversity quotient tipe Camper melakukan 5 kesalahan menurut prosedur Newman, yaitu Reading Error, Comprehension Error, Transformation Error, Process Skill Error dan Encoding Error. Mahasiswa calon guru kategori adversity quotient tipe quitter tidak ada yang perlu dianalisis kesalahannya berdasarkan prosedur Newman karena tidak ada mahasiswa calon guru yang tergolong kategori tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, Analisis Kesalahan, Aturan penjumlahan dan perkalian, Kombinatorika
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Friska Mahatri
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:37
Last Modified: 19 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/86958

Actions (login required)

View Item View Item