NURMAYA H, HERNATA and Hakim, Maryati Mustofa and Alamsyah, Idham (2006) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN ELASTISITAS HARGA TERHADAP KONSUMSI KOPI TINGKAT RUMAH TANGGA DI DESA SIPATUHU KECAMATAN BANDING AGUNG OKU SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_54201_05013104020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (744kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_54201_05013104020_9990047746_0015055905_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur pasar dan prilaku pemasaran, menganalisis tingkat efisiensi pemasaran pada masing-masing Lembaga dilihat share petani dan lembaga tataniaga, marjin dan keuntungan pemasaran, dan perhitungan ratio biaya total dan nilai penjualan, menganalisis elastisitas pengaruh perbedaan dan pengaruh perubahan harga terhadap konsumsi kopi tingkat rumah tangga di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung OKU Selatan. Pengumpulan data di lapangan dilakukan pada bulan Juni 2005 Di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekuder. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa struktur pasar di tingkat petani, pedagang pengumpul dan peJagang besar adalah pasar persaingan sempurna. Perilaku pemasaran dilihat dari penguasaan terhadap produk, transaksi dan konsumen, penguasaan harga tidak dikuasai oleh pihak manapun. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani, pedagang pengumpul dan pedagang besar memiliki sedikit perbedaan yaitu masing-masing pedagang melakukan fungsi pembiayaan sedangkan petani tidak melakukan. Masing-masing pedagang dan petani tidak melakukan fungsi standarisasi dan grading. Untuk fungsi pemasaran yang lain mereka sima-sama melakukan. Rata-rata farmers share adalah 86,11%. Rata-rata Share pedagang pengumpul adalah 94,39%, sedangkan rata-rata share pedagang besar adalah 100%. Rata-rata marjin pemasaran di tingkat pedagang pengumpul adalah Rp391,67/kg dan rata-rata total keuntungan pemasaran adalah Rp523.607,1' /kg. Sedangkan rata-rata marjin pemasaran di tingkat pedagang Rp450/kg dan total k’euntunan pemasaran Rp2.304.526,963/bln. Ratio total biaya dan nilai penjualan untuk pedagang pengumpul sudah efisien dengan rata-rata ratio biaya total dan nilai penjualannya adalah 2,53%. Untuk pedagang juga sudah efisien dengan rara-rata ratio biaya total dan nilai penjualan adalah 6,11% Analisis elastisitas harga berdasarkan perubahan harga atas permintaan (konsumsi) untuk kopi mumi, kopi pinang dan kopi ginseng adalah tidak elastis artinya perubahan harga tidak mempengaruhi konsumsi kopi tingkat rumah tangga. Atau perluasan pasar kopi untuk tujuan konsumen sudah jenuh. Elastisitas harga berdasarkan perbedaan harga atas permintaan untuk kopi mumi-pinang tahun 2005 dan 2004 adalah elastis. Untuk kopi mumi-ginseng, pinang-ginseng tahun 2004 dan 2005 adalah tidak elastis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Kopi |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing |
Divisions: | 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Mr Halim Sobri |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:44 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:44 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/90421 |
Actions (login required)
View Item |