BUDIMAN, BUDIMAN and M. Iqbal, Maulid and Rosidawani, Rosidawani (2007) KAJIAN EKSPERIMENTAL PELAT BETON DENGAN VARIASI BENTUK PENAMPANG DAN PERSENTASE TULANGAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03033110107.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (47MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (267kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110107_0009096012_0009057602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Rigid pavement atau perkerasan kaku adalah salah satu konstruksi yang digunakan pada perkerasan jalan. Rigid pavement merupakan konstruksi perkerasan jalan yang menggunakan semen sebagai pengikatnya, baik dengan ataupun tanpa tulangan yang pada umumnya berbentuk pelat. Sebagaimana diketahui bahwa kondisi tanah disetiap tempat tidak memiliki kekuatan yang sama untuk menopang beban yang diterima. Oleh karena itu, pada rigid pavement perlu diteliti lebih lanjut apakah dengan merubah bentuk penampang dan penambahn persentase tulangan dapat memberikan konstribusi yang banyak untuk menerima beban. Pemelitian dilakukan di labobaratorium dengan benda uji yang telah disiapkan dengan variasi pada masing - masing pelat baik itu perubahan bentuk penampang maupun penambahna persentase tulangan. Hasil yang diperoleh dari pembacaan alat berupa tekanan dari alat hidraulyc jack dan defleksi ( 8 ) dari dial gauge akan diplot dalam bentuk grafik perbandingan antara beban (P) dan defleksi ( 6 ). Dari pembacaan grafik dapat diketahui pengaruh perubahan bentuk penampang dan penambahan persentase tulangan diperoleh perbandingan tegangan lentur, kekakuan, dan defleksi yang mampu dipikul oleh suatu pelat. Dari hasil penilitian yang dilakukan terhadap pelat yang dirubah bentuk penampangnya dari pelat normal menjadi pelat T, serta penambahan persentase dari 0,51% menjadi 0,68% untuk pelat normal. Dan dari 0,33% menjadi 0,44%. Diketahui bahwa pelat yang menggunakan tulangan mampu menerima beban maksimum bila dibandingkan dengan pelat tanpa tulangan. Sedangkan perubahan bentuk menjadi pelat T memberikan konstribusi yang cukup besar pada pelat untuk beban bila dibandingkan dengan pelat dengan penampang normal. Baik itu tanpa tulangan maupun yang memiliki tulangan. Kata kunci : Rigid Pavement, semen, tulangan, pelat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rigid Pavement, semen, tulangan, pelat |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:25 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:25 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91767 |
Actions (login required)
View Item |