Hartono, Hartono (2011) PENGAJARAN PRAKTIKUM IPA PADA LINGKUNGAN PEMBELAJARAN KOMBINASI. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 73-83. ISSN 2087-9903
Preview |
Text (Artikel Jurnal)
Pembelajaran_kombinasi_.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Penelitian quasi eksperimen sudah dilakukan untuk mendapatkan tingkat efektivitas program perkuliahan praktikum IPA pada lingkungan pembelajaran kombinasi (blended learning environment) yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa guru SD Program Pendidikan Jarak Jauh di Sumatera Selatan, Indonesia. Pendekatan pembelajaran kombinasi adalah kombinasi antara kegiatan perkuliahan tatap muka dan online. Penelitian melibatkan 60 mahasiswa yang mengambil matakuliah Praktikum IPA pada semester genap 2008/2009. Mahasiswa dibagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. KPS mahasiswa diukur melalui perbandingan hasil tes awal dan akhir serta tes kinerja. Data dianalisis melalui penggunaan uji t dan skor peningkatan ternormalisasi KPS. Hasil penelitian mengindikasikan terjadi peningkatan secara signifikan KPS mahasiswa pada kelas eksperimen (N-gain=73,31) dibandingkan terhadap kelas kontrol (N-gain=18,76). Olehkarenanya, program pengajaran dengan lingkungan kombinasi dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan KPS mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, distance education, science process skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Hartono Hartono |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 04:30 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 04:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9463 |
Actions (login required)
View Item |