Laporan Penelitian : STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KULIAH DARING MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI DIGITALDALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Gatot, Budiarto and Ermanovida, Ermanovida and Retna, Mahriani and Syarifuddin, Syarifuddin (2022) Laporan Penelitian : STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KULIAH DARING MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI DIGITALDALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Universitas Sriwijaya, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian Kompetitf UNSRI 2021.pdf] Text
Laporan Akhir Penelitian Kompetitf UNSRI 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Adanya Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran covid 19 di dunia Pendidikan. Dalam surat edaran tersebut Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan para peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing. Dengan tingginya angka penyebaran virus tersebut berbagai upaya juga dilakukan oleh Perguruan Tinggi untuk mencegah penyebaran covid-19 salah satunya Universitas Sriwijaya, adanya Surat Edaran Rektor 003/UN9/SE.BUK.HT/2020 tentang Pencegahan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Universitas Sriwijaya. Dalam surat edaran tersebut mengintruksikan untuk tidak lagi melaksanakan perkuliahan jumpa fisik didalam kelas atau tempat lainnya, jika masih ada perkuliahan, harus dilakukan secara online dapat dilakukan dengan daring (elearning, video conference atau media sosial lainnya). Namun, perubahan sistem pembelajaran secara cepat dari tatap muka langsung menjadi daring menimbulkan permasalahan bagi dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Dalam upaya mendorong pembelajaran online sebagai percepatan di dunia pendidikan maka perlu dikembangkan bentuk pembelajaran yang baru di Universitas Sriwijaya. Manfaat penelitian ini secara sistematis meninjau berbagai teknologi digital yang saat ini berkembang begitu pesat untuk dimanfaatkan secara optimal sesuai kemampuan dosen dan perangkat teknologi yang dimiliki perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa. Untuk itu diperlukan suatu kajian yang dapat memberikan masukan dan strategi untuk kebijakan pembelajaran online di Universitas Sriwijaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Implementasi kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menerapkan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Pkn di Universitas Sriwijaya. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan dengan menggunakan analisis kebijakan publik. Teknik penelitian dilakukan dengan melakukan survei lapangan untuk mendapatkan input dari lingkungan intern dan ekstern. Survey dilakukan kepada dosen, mahasiswa dan Tim ICT untuk input data eksternal. Sementara, analisis data intern terkait dengan kebijakan publik, menggunakan metodologi model Easton. Penelitian ini akan menghasilkan luaran wajib berupa : a. Skripsi atau tesis dari mahasiswa bimbingan yang terlibat riset, b. Satu artikel ilmiah Pada Seminar Nasional Desain Sosial 2021. Penelitian juga akan menghasilkan luaran tambahan berupa buku ajar ber-ISBN. Tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) penelitian ini adalah TKT 5 karena sampai tahap adanya kelengkapan dan analisis data pada lingkungan simulasi/kegiatan Litbang

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Dampak kebijakan, Teknologi Digital, Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:13
Last Modified: 14 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96418

Actions (login required)

View Item View Item