PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAFORA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

BAJURI, RAHMAT and Koryati, Dewi and Deskoni, Deskoni (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAFORA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (816kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031381520054_0022086402_0001017402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Metafora Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang”. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran metafora terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t (Polled Varian) dan di peroleh t hitung (7,375) > t tabel (1,227) maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran metafora terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran metafora pada saat pembuatan instrumen soal harus ber- dasarkan tugas dan peran pengelola koperasi, seandainya peserta didik diandaikan sebagai pengelola koperasi. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Metafora dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Metafora, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 806 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2019 02:38
Last Modified: 01 Oct 2019 02:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9680

Actions (login required)

View Item View Item