PERENCANAAN PERKERASAN CONTAINER YARD PADA TERMINAL PETI KEMAS KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN

ARDIANSYAH, ARDIANSYAH and Juliantina, Ika (2010) PERENCANAAN PERKERASAN CONTAINER YARD PADA TERMINAL PETI KEMAS KABUPATEN MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03053110031.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_02.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_03.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_04.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_05.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110031_0001076005_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03053110031_0001076005_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sejalan dengan semakin digalakannya kegiatan ekspor migas ataupun nonmigas, Provinsi Sumatera Selatan berencana untuk mengembangkan pelabuhan Tanjung Api- Api sebagai outlet kemas dan sebagai pelabuhan utama primer yang berfungsi khususnya untuk melayani kegiatan dan alih muat angkutan laut nasional dan internasional dalam jumlah menengah dengan jangkauan pelayanan yang menengah. Untuk memudahkan daerah belakangnya (hinterland) dalam mengakses pelabuhan Tanjung Api-Api dibutuhkan pengembangan jaringan transportasi untuk kegiatan angkutan laut dan angkutan darat (antar moda) dengan kereta api dan truk. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan membangun Terminal Peti Kemas (TPK) pada daerah-daerah yang memiliki potensi besar dalam kegiatan ekspor-impor. Prioritas pertama pembangunan terminal peti kemas ini berada di daerah Kabupaten Musi Rawas. Perkerasan terminal peti kemas merupakan tempat berlangsungnya aktivitas pergerakan beroda (alat penanganan peti kemas) dan beban statis peti kemas sehingga harus dilapisi dengan suatu bahan/material dengan ketebalan tertentu yang mampu menerima dan mendistribusikan beban ke lapisan di bawahnya (subgrade). Pada tugas akhir ini, perencanaan perkerasan terminal peti kemas menggunakan metode British Precast Concrete Federation (BPCF) 2007. Metode ini mengacu pada buku "The Structural Design of Heavy Duty Pavements For Ports and Other Industries” edisi keempat tahun 2007 dan standar yang digunakan yaitu British Standards (BS) dan British and European Standards (BS EN). Metode ini menggunakan F ini t e Element Method sebagai pedoman perencanaan perkerasan. Desain meliputi pembagian perkerasan ke dalam pondasi, base dan lapisan surface. Dalam perencanaan perkerasan Container yard, lapisan surface merupakan satu kesatuan dengan ketebalan 110 mm, terdiri dari 80 mm concrete block paving dan 30 mm laying course material. Perhitungan lapisan base ditinjau dari perhitungan tebal base akibat pengoperasian handling plants dan perhitungan tebal base akibat beban statis pada Container storage. Sedangkan untuk menentukan ketebalan sub-base dihitung berdasarkan nilai CBR subgrade. Dari hasil perhitungan tebal base akibat pengoperasian handling plants, diperoleh ketebalan maksimum pada alat penanganan Rubber Tyred Gantry Crane (RTGC) yaitu untuk material standar Cs/io CBGM sebesar 528mm dan sebagai material alternatif dapat juga digunakan C5/6 CBGM dengan ketebalan 612mm serta C12/15 CBGM dengan ketebalan 459 mm. Berdasarkan nilai CBR subgrade yaitu > 5%, diperoleh ketebalan subbase 150 mm material standar crushed rock dan sebagai material alternatif dapat juga digunakan C1.5/2.0 CBGM dengan ketebalan 87 mm dan C3/4 CBGM dengan ketebalan 69 mm. Pada lapisan surface menggunakan Concrete Block Paving (CBP) dengan ketebalan 80 mm dan Laying Course Material dengan ketebalan 30mm. Dengan penggunaan desain terhadap alat penanganan RTGC, relatif aman apabila diatas perkerasan ini dioperasikan alat penanganan peti kemas lainnya, seperti Reach Stacker, Front Lift Truck, dan Tractor-Trailer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jaringan transportasi, Terminal Peti Kemas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:42
Last Modified: 18 Apr 2023 02:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96964

Actions (login required)

View Item View Item